Desain Rumah Minimalis Tropis



Tren rumah minimalis yang perlahan muncul menggantikan gaya mediteranian, menawarkan kepraktisan untuk kondisi alam tropis. Pasar perumahan masih memilih gaya rumah minimalis karena masih banyak diminati oleh konsumen salah satunya lewat membeli kredit pemilikan rumah tinggal.

Gaya minimalis tropis sendiri muncul dari sifat kompromi minimalis murni terhadap aspek geografis, iklim, dan selera yang mengakomodasi atap dan teras dalam struktur rumah. Perbedaan gaya rumah minimalis dengan gaya rumah lain terletak pada aksesorinya. Dalam rumah minimalis semua aksesori di buat secara sederhana sesuai fungsinya. Bentuk - bentuk seperti garis, persegi dan kubus tanpa ornamen menjadi karakternya, misalnya pintu atau jendela tanpa ornamen. Selain itu warna netral dan polos seperti putih atau krem banyak dipilih untuk lebih mengesankan gaya rumah tersebut. Permainan fasad rumah yang lebih fokus terhadap detail serta penggunaan pilar kecil tanpa ornamen mempercantik gaya rumah minimalis tropis.

Dari hanya memodifikasi fasad rumah, renovasi rumah tinggal yang bukan minimalis bisa berkesan menjadi minimalis. Interior rumah yang minim sekat menjadikan gaya rumah ini lebih praktis dan mudah dalam perawatan. Furnitur yang simpel seperti dari bahan logam serta aksesori interior minimalis yang semakin banyak dipasaran lebih memudahkan penghuni rumah untuk memadukan interior dengan bagian eksterior.


Terlepas ikut tren atau mempertimbangkan nilai kepraktisan, gaya rumah minimalis tropis merupakan gaya rumah modern yang cocok untuk kondisi alam Indonesia yang tropis, selain tentunya gaya rumah tradisional seperti arsitektur rumah tinggal bambu, rumah jawa, rumah bali dll yang merupakan nilai kearifan budaya lokal Indonesia dengan kandungan material alam terbarukan serta meminimalisir penggunaan sumber daya alam seperti dalam konsep rumah tinggal ramah lingkungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Desain Rumah Minimalis Tropis"

Posting Komentar

Terimakasih telah membubuhkan komentar disini :)